Monday, December 19, 2016

CARA CEPAT LEVEL UP TORAM ONLINE



TORAM ONLINE
CARA CEPAT LEVELING UP
PEMULA LEVEL 1 S/D 100


Bagi kalian yang pemula di game ini pasti bingung cara bermainnya dan ingin cepat untuk naik level. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cepat naik level 1 sampai level 100 dengan mudah dan cepat. Saya akan memberikan tips cara cepat untuk pemula menaikan level mereka hingga level 100.  Agar kalian tidak bingung maka saya akan jelaskan beberapa hal mengenai hal hal penting dalam menaikan level dan character di game TORAM ONLINE ini :

Tapi sebelum itu tolong like atau bantu share agar tips ini bisa tetap aktif blognya. Komentar kalian juga membantu untuk masukan atau pertanyaan pertanyaan yang kita bisa cari solusinya bersama. Bermainlah dengan gembira dan dapatkan teman baru di game ini.
  • Untuk pemain baru mereka akan mendesain Avatar mereka sesuai keinginan mereka. Setelah desain Avatar mereka selesai mereka akan diberikan pilihan Job sesuai kemampuan dan skill masing-masing job sebagai berikut :
Desain Avatar


SWORD
BOW
STAFF
KNUCKLE
HALBERD
# CHARACTER GAME :

Sword (Pengguna Pedang) Senjata awal Pedang

Bow (Pengguna Panah) Senjata  awal Panah

Staff (Pengguna Sihir) Senjata awal Tongkat Sihir

Kuckle (Pengguna Pukulan Langsung / Tinju ) Senjata  awal sarung tinju

Halberd (Pengguna Tombak) Senjata awal tombak - Update Terbaru Desember 2016

*Catatan Penting ( pilihan Character Game pertama kalian menentukan untuk kesulitan dalam leveling)
Bagi kalian yang sudah terlanjut memilih Character Game kesukaan kalian jangan kecewa karna tips yang saya berikan adalah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dalam game TORAM ONLINE, 1 akun bisa membuat lebih dari 1 character yang sama atau berbeda JOB jadi jangan kawatir jika pertama kali salah memilih JOB character.

Contoh: Saat pertama kali saya bermain game TORAM ONLINE saya memilih JOB Character SWORD karna kesukaan saya pada Anime Sword Art Online - Kirito tetapi untuk leveling membutuhkan waktu yang lama. Tapi setelah melihat dan banyak bertanya pada pemain lain saya akhirnya tahu bahwa bisa membuat JOB Character baru tanpa menghapus JOB Character yang lama dan kemudian saya membuat JOB Character STAFF ( Tipe Penyihir / Magic ). Setelah Pokus dengan JOB Character STAFF (Tipe Penyihir / Magic ) Akhirnya saya mencapai level 100 dalam waktu kurang lebih 2 minggu ( bermain pada waktu malam saja) Setelah itu saya menggunakan JOB Character STAFF ( Tipe Penyihir / Magic) untuk mengumpulkan material untuk menaikan level JOB Character SWORD saya yang pertama dan akhirnya dalam waktu 1 minggu sudah mencapai level 100.

Saran saya untuk character pertama yang harus kalian ambil adalah STAFF (Tipe Penyihir/Magic) Karna untuk leveling dengan cepat skill yang dibutuhkan ada pada tipe ini. 

Yaitu Skill : Magic Wall (lvl 25 kebawah sudah ada ) & Magic Storm (lvl 70 baru ada skill ini) 




SKILL MAGIC WALL & MAGIC STROM

Setelah kalian selesai memilih JOB sesuai senjata yang kalian sukai maka Toram Online game dimulai. Kalian akan diberikan arahan dan petunjuk langsung dari NPC dan Pilihan jawaban dari setiap pertanyaan NPC berpengaruh pada Mision Story kalian. Apa pun yang kalian pilih Mision Story sama saja tidak berpengaruh banyak.

Permulaan Game

Belajar Skill dan kemampuan bertarung

Setelah kalian menyelesaikan arahan awal dari NPC kalian akan sampai di SOPYA CITY dan dari sinilah kita akan menaikan level character

Berikut Tips yang akan saya berikan untuk leveling character sampai level 100 dengan cepat :

Langkah Pertama :
1.Perbanyak teman di dalam game toram online terutama mereka yang level JOB Character STAFF/MAGIC DEVICE diatas level 70 (Pengguna Magic)

   - Cara Add Pertemanan :
Tekan character pemain lain yang ini dijadikan teman.
Setelah itu akan muncul List pilihan # Trade Request, Party Invite, Whisper
Tekan tulisan Next dipaling atas kotak list tersebut maka akan muncul Friend Request dan kemudian tekan maka Character Pemain lain akan menjadi teman mu setelah dia menyetujuinya.

2.Naikan level hinggal character mencapai level 27 untuk mendapatkan 2 Ques (ZONO & YUNIS) :

- Ques ZONO "The Overlooked Snack"
    Kumpulkan Bitter Nut sebanyak mungkin kalau bisa 1 Bag Full di MAP Nisel Mountain untuk ditukarkan dan mendapatkan EXP 18.720.

 - Ques YUNIS "Thimber Shortage"
    Kumpulkan Nisel Wood sebanyak mungkin kalau bisa 1 Bag Full di MAP Nisel Mountain untuk ditukarkan dan mendapatkan EXP 10.080.

Catatan : Sebelum Farm Bitter Nut & Nisel Wood pastikan Tas atau Bag kalian banyak ruang kosong & cari teman untuk Party di Nisel Mountain yang Pengguna Staff / Magic Device Level 70 an agar lebih mudah Farm dengan Skill Magic Storm.

Ada 2 cara yang bisa digunakan dalam menaikan level hinggal level 27 yaitu :
1.Berusaha sendiri dengan mengalahkan monster dengan level rendah.
2.Minta bantuan dengan teman yang levelnya tinggi dengan ikut bergabung dalam PARTY nya.

Jalur Ke Nisel Mountain

Tempat Farm di Nisel Mountain

Langkah Kedua :
1.Setelah kalian mencapai Level 27 teruskan farm Bitter Nut & Nisel Wood di MAP Nisel Mountain sampai kalian mencapai level 50  untuk mendapatkan Ques LEFINA - Pride Of The Rich (Nighmare Crystal) & Servans' Training (Huge Iron Ball)

Catatan : Jika sudah sampai level 25 atau level 50 Job Character dan Ques nya belum muncul coba untuk selesaikan Mision Story nya dulu.

Langkah Ketiga :
1.Gunakan Job Character Staff/Magic untuk Farm Material dan jika materialnya sudah terkumpul gunakan untuk Job Character yang kalian ingin tingkatkan levelnya sampai level 100.
   Catatan: Untuk Job Staff/ Magic Device level 70 keatas disarankan Farm Hugh Iron Ball atau Nightmare Crystal (di Accient Empire Lantai 3)

2.Jangan lupa untuk Swiff / Ganti Job Character sebelum menukarkan material dengan Quesnya.
   Catatan : Cara ganti character : klik bag -> character -> switch character -> disini pilih carakter yang mau kalian pakai (Mage / Sword / Archer ) -> switch

                   Character itu kalian harus bikin dulu dari awal. usahakan sewaktu bikin character pertama kalian pilih Staff / Mage (Penyihir), kalau kalian sudah terlanjur misalkan pilih sword (Pedang) kalian bisa buat character baru di sini caranya klik bag -> character -> switch character -> disini pilih carakter yang mau kalian buat -> ok (Characternya akan mulai dari lvl 1)


CONTOH CHARACTER


JUMLAH EXP NAIK LEVEL










174 comments:

  1. Min, yg di maksud dengan swiff/ganti job itu apa ya?
    Apakah itu ganti job lanjutan, atau ganti character?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti character nya bro, minimal kita dikasi 3 x buat bikin karakter jadi kita bisa ganti ganti character kita bro. misakan kamu punya character mage, sword & archer.

      caranya klik bag -> character -> switch character -> disini pilih carakter yang mau kalian pakai -> switch

      Delete
    2. bro ko engga bisa bikin job baru ya

      Delete
    3. sekarang untuk job baru harus pakai Orb.

      Delete
    4. cara dapetin orb nya gimana min

      Delete
  2. Min, klo character mage kita udah nyampe level 100, cara naikin level yang character swordnya gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farm pakai Mage lalu waktu penukaran Ques nya caracternya di ganti dulu dengan character yang sword. jadi waktu menerima hadiah exp yang character sword yang terima hadiah exp nya

      Delete
    2. Waktu penukaran quest? Kpan itu?

      Delete
    3. Contoh :

      1. Kita ambil Ques dari LEFINA - Pride Of the Rich
      2. Kita selesaikan Quesnya dengan pergi ke Map Accient Empire Lantai 3 lawan kupu2 Pink dan dapat Nightmare Cristal, kemudian kita kumpulkan 99 buat (1 Slot)jadi misi kita selesai.
      3.Kita kembali ke Sopya City melaporkan kepada LEFINA ( ini yang dimaksud Penukaran Ques nya buat dapatkan hadiahnya)
      4.Sebelum penukan ini yang no 3 tadi kamu harus ganti Character mu buat yang nerima hadiahnya. jadi karakter yang digunakan buat nukar quesnya yang dapat hadiah atau exp nya.

      Delete
    4. kak.
      pas ngelapor dengan karakter baru (level 1) kok ga bisa ya? questnya blm kebuka

      Delete
    5. harus selesaikan Mision Ques Chart Utama dulu gan. baru chart ke 2 bisa terima hadiah quesnya

      Delete
    6. Apa ga ribet kalo kek gitu, sewa bodyguard aja buat bantu hunt

      Delete
    7. itu juga bisa gan sewa bodyguard.. tapi harus ada guild dulu

      Delete
    8. minimal itu char lvl 50, klo lvl 1 mending ke nisel cari bitter nut(quest zono lvl 25) sama nisel wood (quest lvl 27)

      Delete
  3. Char mage saya Udah sampe lv 56 tapi quest nightmare crystal blm kebuka,itu apa yg kurang ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Character utama level nya brapa? Kalau Ques Nightmare Cristal belum muncul coba selesaikan Mision Story nya sampai ke Accient Empire. (BOS Di tempat Farm NC yang mirip bidadari itu)

      Delete
  4. Min aku awalnya sword jg, trus job 2 mau dibuat Mage tp kan gak ada staff? Trus dpetin staff gmn kan Dr lv.1 lg . Nah krna lv.1 apa langsung quest zono sm yunis??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau job ke 2 udah dibuat job mage staff (Staf Awal/pemula) nya sudah ada langsung waktu masih level 1.

      Cara dapatin staf beli di Board atau selesaikan Ques.

      Ques Zono sama Yunis hanya bisa terbuka apabila levelnya sudah cukup dan mision storynya sudah sampai disana.

      Delete
    2. #Kesalahan Pertama
      Karakter utama saya, Archer. "In game" pas lihat gamer lain dengan hero Mage nya dengan mudahnya "farm drop items-monsters", saya jadi tertarik. Dan akhirnya, karena awam.., saya langsung apgred skill milik Mage (beli skill di perpustakaan). Jadilah sekarang, hero utama saya, Archer dengan skill nya + skill Mage-Wall (br lv.5). Ternyata bikin pusing juga apgred skill yg mana dulu...

      #Kesalahan Kedua
      Krn salah strategi dan setelah tahu bhw dgn 1 akun bisa buat hero lain/ke-2. Maka saya buat hero ke-2. Tapi, saya salah ke-2 kalinya, karena mbuat hero Archer, bukannya Mage. Dan karena sudah terlanjur, saya khususkan utk hero ke-2, apgred skill Archer + skill Blacksmith.
      Yang jadi pertanyaan, "kok ga ada opsion, hapus hero/karakter" ya, Gan? Jadi, kita bisa hapus/delete hero yang ga sesuai/salah buat dan kembali menyisakan 1-2 slot utk ganti/bentuk hero baru.

      Delete
    3. Kalau salah bikin character Hero ada Opsion untuk Delet Job Hero nya. klik job hero -> Delet ( diatas tulisan swicth / ganti character)

      Delete
  5. Wah mantap bro, join juga di forum toram indo

    ReplyDelete
  6. Gan, klo pake job magic/staff bagusnya senjatanya magic feather atau tongkat staff aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bro, staf dan MD Punya pungsi masing2 bro.

      Staf biasa digunakan buat Bosing atau lawan bos.

      MD (Magic Device) digunakan buat farm atau cari material.

      Delete
  7. Nyimak lah hihihi... Makasih kk infonya...

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. klik menu -> karakter -> ganti tokoh -> buat baru chart

      Delete
    2. harus beli ruang dulu yy??

      Delete
    3. Dulu masih gratis 2 chart. Kalau sekarang beli pakai orb

      Delete
  9. Kak..
    Gimana cara dapatin skill magic stom pas lvl 59..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli skill di perpustakaan atau library. skill Magict udah itu level up.kalau level mu sudah cocok nanti muncul skill magict storm nya.

      Delete
  10. Kak cara ningkatin mana point gimana kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli skil survival naikan skill yg berhubungan dengan MP.
      Atau gunakan atribut yang ada efek khusus MP

      Delete
  11. Cara dapeti pedang dua gimana kak

    ReplyDelete
  12. Kan katanya gratis 3x kok punya saya suruh bayar pake orb ?
    Saya daftar game nya pas 2 tahun yang lalu buat chara sword nah pas mau switch akun malah di suruh bayar pake orb

    ReplyDelete
    Replies
    1. gratis 3 itu dihitung dengan char utama.

      Delete
    2. Kalau update terbaru gw kurang tau gan. Itu soalnya yg lama punya gw 3 1 chart utama, 2 chard gratis

      Delete
  13. Gan ane pernah ke nisel mountain, tapi banyak racunya dan suruh buat dupa pemurnian, tapi bahan sayap peri & sulur ane sudah dapetnya. Mohon pencerahannya mastah.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bahasa indonesia gw kurang tahu bro, soalnya pakai bahasa ingris.serves global.

      ke nisel mountain ngapain bro? farm b.nut atau cari material ?

      Delete
    2. Iyaa tuu kaa saya juga mentok disitu ga tau buat dapetin sulurnya ��

      Delete
    3. Iyaa tuu kaa saya juga mentok disitu ga tau buat dapetin sulurnya ��

      Delete
    4. Coba ganti bahasa di HP mu pakai bahasa ingris nanti bahasa di game toram juga jd bahasa ingris. Udah itu coba buka web ini untuk daftar drop material yg ada di toram https://docs.google.com/spreadsheets/d/13VERVksHtIgNJf6iUuCgWebpLLuSGL3pEFMeT3K8CHE/htmlview

      Delete
    5. Sekedar info..
      Bahan Dupa Pemurnian : Sayap Peri di Kuil Runtuh-ROAR, Paruh Tebal di Kota Kuil Runtuh-BEAK & Sulur di Tanah Genting Kaos-PAIN LEAF.
      Moga berhasil...😊

      Delete
  14. Cara reset akun gmna. Aku hancur akunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Reset Book yg bisa reset status dan skill. Pakai orb

      Delete
  15. Cara naikin skill sihir gimana ya? Kok skill sihir saya masih sihir panah dr lvl 1,padahal saya udah level 26. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau naikin Skil Sihir harus upgrade di Librari / perpusatakaan. beli upgrade skill sihir

      Delete
  16. Ane ngerti maksud si mimin.. Jadi gini gan lvl 27 kita nyari Kayu nissel sama kacang pahit ke gunung nissel (ini translate indonya)..
    Nah di NPC zono (kacang pahit 12pc) kalo yunis (kayu nissel 30pc)..ini per ques ya dan dapat di ulang2 terus menerus..
    Makanya mimin suruh TAS kita di kosongin biar ke isi sama item Ques jadi kita kaga mundar mandir gan..
    Intinya kumpulin sampe tas full dan laporan dah sama Zono dan yunis sampe up lvl yg dikatakan mimin..
    Paham kan agan.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan seperti itu. untuk pokus untuk naik level nya

      Delete
  17. Bro klo buka skill ke 3 harus lv 70 kan ya? Tapi ko saya melihat di lv 46 udh ada yg make skill mage (strom)? mohom penjelasannya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan Job Utamanya sudah lebih dari level 70 gan. jadi job yg ke dua bisa beli job yang sama di librari/ perpusatakaan. atau mungkin itu skill mage storm orang lain yang 1 party dengannya.

      Delete
    2. tapi kok punya aku kagak bisa pafahal udah lvl 70 char utama gan

      Delete
  18. Char saya lvl 40 sudah pakai storm skill, mungkin update terbaru, biar lvl kecil bisa farming

    ReplyDelete
  19. Char saya lvl 40 sudah pakai storm skill, mungkin update terbaru, biar lvl kecil bisa farming

    ReplyDelete
  20. Kalian Salah, Akun Yang Udah Punya Char Lvl 70. Maka Skill Treenya Bisa Diakses Oleh Semua Char Dalam Satu Akun.
    Maksudnya Jika Lu Dah Punya Char Lvl 70, Otomatis Lu Bisa Buka Skill Char Lvl 70 Ke Charmu Yang Lain. Meskipun Char Itu Masih Lvl 1.

    ReplyDelete
  21. Ini game ribet banget ya gan. Saya uda 2 hari mainnya tapi masi bingung juga. Farming susah. Alhasil saya cuman ngikutin main story aja. Tapi perbedaan levelnya jauh banget bos. Gw masih lvl 41 harus ngalahin bos lvl 58. Hampir sejam buat ngalahinnya. Hadeuuh. Uda liat2 di yutub juga masih berat rasanya. Untung ada trit ini jadi lebih mudah nangkepnya saya makasi ya gan. Btw char saya lvl 43 jadi fighter. Punya 4 slot char, tapi yg kepake cuman 2 satu lagi mage. Buang2 orb banget ane jadinya. BTW bole minta ajarin buat char hibrid gan? Sekalian combonya. Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang di youtube itu cara nya sama gan bikin charakter job hibridnya. tapi yang beda nanti akan nampak di damage serangannya. itu pengaruh dari equipment yang digunakan gan. mereka yang di youtube itu equipmenya level tinggi semua. jadi wajar pas kalian ikutin berbeda damage atau serangannya lebih kecil punya kalian karna kalian mungkin masih memakai equipment normal / standar.

      Delete
    2. Gabung serikat gan, terus sewa bodyguard

      Delete
  22. Replies
    1. menu ( gambar tas pojok kiri atas) -> character -> swict character - buy character slot.

      Delete
  23. min salam dari newbe,saya mau tanya jika tokoh lvl70 di hapus apa slotnya masih bsa di pakai salam mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu gan saya belum pernah coba gan. mungkin ada teman yang pernah coba boleh syaring disini.

      Delete
  24. min salam dari newbe,saya mau tanya jika tokoh lvl70 di hapus apa slotnya masih bsa di pakai salam mksh

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Lebih simpel iruna min dari toram, nyari spinanya juga gampang kalo iruna. Tapi lumayan lah buat gabut hehe. Inpit guild dong Kaka..

    ReplyDelete
  27. Min cara ganti bahasa inggris di toram online gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pengaturan bahasa di HP gan gantinya... kalau bahasa di HP Bahasa Inggris ganti aja ke bahasa indonesia nanti dalam game toram otomatis berubah juga

      Delete
  28. Min, stat apa aja yg harus ane naikin di character mage/staff? Terus, ada skill tree nya ga? Kalo ada boleh minta? Soalnya ane takut nyesel min. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Gambar Skill tree liat di postingan yg satunya gan. tapi untung upgrade level skill nya jangan di ikut ya gan. soalnya itu ada beberapa yg salah level skillnya

      Delete
  29. Kalau Mage tergantung gan mau yang buat Farming atau Bosing ? Kalau Farming Kebanyakan Full INT & LUK, Kalau Bosing Full INT & CRIT/VIT/DEX/AGI (Pilih salah satu)

    Kalau skill tree ada di postingan yang lain gan.

    Kalau mau build skill tree belum ada gan. tapi di youtube biasa nya teman2 yg lain ada posting.

    ReplyDelete
  30. Gabung guild dong gan xD

    Nickname: GodJisoo
    Hero: Archer ( mau ganti mage bossing nunggu book oblivion xD)
    Level:52

    ReplyDelete
  31. Min, farm huge irom ball dimana sih? Ane ga nemu accient empire.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huge iron ball gak di accient empire gan, acient empire tempat cari naightmare cristal

      Delete
    2. huge iron ball lawan orc di saham underground cave gan

      Delete
  32. Ane punya 2 akun...bisa gag kirim gift antar akun. Apa mesti pake 2 hp? Mksh bos....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim doang kalo udah temenan mah bisa, yg susah temenananya soalnya ga bisa cari IGN di toram harus face to face atar player

      Delete
  33. gan kalo dari level 100 sampe ke level 130 kira kira butuh berapa juta exp ya?

    ReplyDelete
  34. Bro, buat gampang leveling all karakter level 100 keatas gimana ya?
    Quest utama sudah selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. side quest levina biar cepet

      Delete
    2. lawan monster yg levelnya ngga beda jauh dari kamu, kisaran 3 level lebih rendah/tinggi dari kamu, exp nya ntar banyak. kali gatau tempat monsternya, buka aja map, trus klik world map(map dunia) tuh, ntar ada keterangan level di setiap tempat. ntar kalo udah ketemu tempat dengan level kurang dari / lebih dari 3 level kamu(97 - 103), tinggal hunt deh

      Delete
    3. Saya lawan yg 20-30 level diatas daped medal :v

      Delete
  35. job tombak bagusnya naikin stat apa ya?

    ReplyDelete
  36. min mau tanya nih aku pakai mage udh lvl 80 bisa ngga di pake skill stormnyah ke character gw yg tinju ituh ajah siih makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah mage ya mage, knuckels ya skill knuckels, nantinya kalo char knuck mau di kasih skill mage storm , cuma buang buang skill point aja ( butuh banyak skill point biar bisa buka storm nya mage )

      Delete
  37. sama satu lagi klw buat build refine stat pilih stat TEC atau LUK

    ReplyDelete
  38. Gan cara dapetin senjata pedang,peralatan,ama yg lainnya gmna ya?susah bngt:( please jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farming item bahan sesuai kesanggupan, gampangnya sih ikut party pas di lokasi farm
      Btw char ane tiga lvl 50 an semua

      Delete
    2. Beli kalo punya banyak spina mah wkwkwkwk

      Delete
  39. Mau nanyaaaaa, cara naikin level chara utama gimana? ane udah nyelesain quest chapter 6 sampe level 98,terus questnya abis.. cara level upnya gimana lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake char mage farming full luk kalo ada, trs report side quest di NPC (lefina terutama yg bisa kasih EXP gede)

      Delete
  40. Mau tanya gan, ane ada char staff tpi kirang enak karna sp nya cpet abs solusinya gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbaiki do combonya, main pakai combo gan (di combo ada yg bisa save mana)

      Delete
  41. Beli orb harganya berapa ya buat slot character

    ReplyDelete
  42. Replies
    1. beli skill survival, tambahin stat yg nambah mp.. atau pakai equip yg bisa nambah mp

      Delete
  43. Gan setelah main quest demi machina ko gk ada main quest lg ya? Sama kalo buat permen jahe sama kue labu harus lawan musuh apa ya?

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Nice info min..

    Memang bener kata mimin.. klo baru pertama kali main toram sebaiknya gunakan MAGE, krn mudah farm material n mudah lvling pakek quest2 sampingan spt zono yunis n lefina.

    Meski demikian tetep ya jgn asal naikin skillnya..

    Ada bbrp skill yg menurut sy wajib maksimal di awal main spt :

    Arrow
    Wall

    Sisanya bebas.. coz nt saat mencapai lvl 70 bisa di reset dgn buku hampa..

    Nah setelah itu baru deh fokus mo jadi mage apa..

    Apakah mage farm dgn rasio perbandingan int 80% luck 20% , ataukah mage boss (100% int), mage luck (semua statnya luck tapi sy sarankan utk tdk menjadi mage ini krn.... dianggap parasit oleh pemain lain kecuali kmu mainnya ma orang yg bnr2 kenal kmu), mage shield atau mage archer (klo sy pribadi lbh suka mage shield)

    Setelah itu baru deh bikin job baru yg kita inginkan (dual sword, archer, dll)

    Oh iya utk bukak quest zono yunis ataupun lefina memang bnr hrs ada lvl minimal dan... ada story quest yg wajib kmu selesaikan.. coz klo ngga ya quest2 itu gak bakalan muncul ^_^

    ReplyDelete
  46. Mohon pencerahan kelebihan dan kekurangan pengguna tinju, dan status yang perlu di up selain agiliti apa aja untuk pengguna tinju?

    ReplyDelete
  47. Gan kalo buat karakter Baru ke Mage trus pake combo gak ?
    Kalo Misal Charnya udah level 30 keatas quest yang banyak xp dimana ?

    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  48. min toram gue kok gak ada server indo,
    apa dari hp nya ya . ? hp gue sharp 303sh

    ReplyDelete
  49. Min misalkan saya farming pake char mage. trus aku switch ke char yg sword .apakah item yg udh didapat bisa diambil di 2 char

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Mimin nya lelah, sampe sekarang banyak postingan wkwk

    ReplyDelete
  53. Min ane tanya aga diluar konten...
    Dulu mp ane 3 sekarang tiba-tiba jadi 1. Sebelumnya ane beli armor di board. Apakah ini berpengaruh? Gimana cara balikin biar mp 3 atau naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada equipment yg kamu pake isi stat nya +300MP/+200MP trs kamu copot equipment itu otomatis MP nya turun (biasanya di cincin) kalau mau lebih banyak MP nya beli skill survival di library/perpus naikin yg bagian MP

      Delete
  54. Min, aku bikin char awal mage, trus kalau mau bikin char suport mending mage ku di up sampe lv berapa dan char suportku enaknya apa? Makasih ya min

    ReplyDelete
  55. Min ane udah level 100 job yang tombak , tapi damage nya gak kerasa , supaya kerasa gimana ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah build kali, equipment beli aja sama player

      Delete
  56. min gw liat orang Level 35 tpi udh ada skill storm dptinnya gmana, bukanya harus Level 70 buat ambil skill storm :(

    ReplyDelete
  57. Sumvah gk ngerti kalo harus ganti chara, ane cuman bisa mainin 1 aja type sword skrng dh lv 32 baru main 4 hari, tapi pengen fast exp sama dpet spina nya gmna?

    ReplyDelete
  58. Baru belajar gan jd nyimak coment2 orang aja sebelumnya cuman main avabel online

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Bro cara ambil quest nya dmn,
    Kok knp stuck ya di quest suruh dapetin paruh tebal yg bunuh beak kok GK dapet dapet bunuh beak dapetnya sayap burug trus WHY?

    ReplyDelete
  61. Itu mimin msh lvl 56 ko udh ada strom?????

    ReplyDelete
  62. kak kan saya ada char yang sword terus bikin char lagi yang mage, tapi kok di char yang mage lvl 1 gadapet quest.

    ReplyDelete
  63. tesst.
    min,
    cara melakukan dupa pemurnian gimana ya??..mohon penjelasan..
    #slam newbie player

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari bahannya di kuil runtuh ada di beak sama Roar trus d tanah genting kaus ada di pain leaft

      Delete
  64. Gimana cara dapetin life potion untuk pet

    ReplyDelete
  65. Min mau tanya cara buat eq pke bs yg lvl tinggi kyk dirgahayu itu gmn lunya ku blm ad baru sampek klo MD baru flora light

    ReplyDelete
  66. Kak klo status mage yg di naikin status apa ya dulu biar mantap

    ReplyDelete
  67. Cara nambahin max MP gimana aja bro??
    Truz equip'a apa2 aja, klo bisa dgn cara dapetin'a..

    ReplyDelete
  68. Min gua minta saran Min gua udah nyampe
    Lv 75 senjata pedang tp gua salah ningkatkan status terus gua harus gimana min (karakter lainya punya gua yang salah sih ngga ada)

    ReplyDelete
  69. Min mau tanya upgrade tongkat d mana ya kok aku lihat tmn ku ampe banyak2 d tongkatnya

    ReplyDelete
  70. Min gimana caranya ngalahin naga beringas becel di puncak gunung Nisel?
    Tadi ngelawannya bareng NPC berdua tapi pas HP si naganya mau abis nggak sengaja keluar dari puncak gunung Nisel,trus pas masuk lagi NPC nya nggak ada sama HP naganya masih full,trus pas mau nyerang naganya lagi nggak bisa

    ReplyDelete
  71. Min tempat yang bagus buat job katana tanpa mage di mana min??
    Sekalian nyari spina

    ReplyDelete
  72. Min tempat yang bagus buat job katana tanpa mage di mana min??
    Sekalian nyari spina

    ReplyDelete
  73. Min misi mauez dimna ada yg tau

    ReplyDelete
  74. Aku baca semua komentar keliatanNya ribet...untuk pemula gimana😭😭😭mau download jadi ragu😭😭😪😪😭😭

    ReplyDelete
  75. Om, cra penukaran nut, cristal dll. Gmna ya?
    Saya blm paham

    ReplyDelete
  76. Min saya pengen nambah hp gimana ya?
    Sama nambah mp?

    ReplyDelete
  77. Kuy lanjut terus berguna soalnya :v

    ReplyDelete
  78. Cara nambah MP gimana caranya biar banyak? Selain pake cincin pesulap

    ReplyDelete
  79. Gabisa ganti job kak, aku chara pertama pake arrow pas bikin chara kedua pake sword malah pas dipake jd sama pake arrow

    ReplyDelete
  80. halo gan , baru maen nih wkwkwwk. msh on ga admin nya ...
    maksudnya tukerin barang yg dikumpulin 1 tas itu , tukerin kemaana ya maksudnya???
    terimakasih

    ReplyDelete
  81. Cara ganti sever indo ke global ? Gimana

    ReplyDelete
  82. Permisi gan, mau nanya. Cara ningkatin poin skill gimana ya?

    ReplyDelete
  83. gan misi the overlooked snack kok gak ada??

    ReplyDelete
  84. Mf gan saya pngen masuk serikat gmna cara'nya

    ReplyDelete
  85. Soal'nya gx da yng ngajak😭😭😭😭

    ReplyDelete
  86. Lvl 56 biar ceper ke 100 ambil job nya zono basmi anjing di kota hilang alun alun

    ReplyDelete
  87. Gan aku kan pilih skill pedang, trs aq liat skill mage kek bagus gitu,dan skill point ku dh ku taro di sword, nah pertanyaan ku: misal kalo point skill di reset terus di taro di mage tuh bisa ngubah job kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak bisa bro,awal job lu apa yaudah itu berarti

      Delete
  88. Gan kalau mau cepet lvling pedang mending pske char apa?

    ReplyDelete